Scroll Top

CUAN MENGALIR DERAS DARI INTERNET DENGAN METODE INI

Artikel 3

Sebagai seorang Pengusaha, prioritas utamanya tentu adalah Omzet dan Profit. Namun sayangnya, masih banyak yang berpikir bahwa Omzet dan Profit itu bisa ditingkatkan jika penjualannya lebih banyak. Padahal banyak faktor yang pelu diperhatikan sebelum terjadi penjualan. Banyak teori yang bisa digunakan, salah satunya adalah metode 5 Ways dari Brad Sugar.

Teori ini menjelaskan tentang pengaruh 5 aspek dasar dalam upaya peningkatakn omzet dan profit, yaitu : Jumlah Leads (Prospek), Rate Konversi (Kesuksesan mengubah Leads menjadi Konsumen), Jumlah Transaksi, Rata-rata penjualan, dan Margin.

Setiap aspek memiliki strategi masing – masing untuk meningkatkan hasilnya. Pada artikel ini akan dijelaskan, bagaimana memanfaatkan Digital Marketing untuk setiap aspek.

1. JUMLAH LEADS
Ini adalah tahap awal yang tujuannya membuat semua orang tahu bahwa ada sebuah bisnis dengan merk tertentu. Istilahnya adalah Brand Awareness. Pada tahap ini, jumlah leads bisa ditingkatkan melalui Digital Marketing dengan cara S.E.O, S.E.M, Meta Ads dan pemanfaatan K.O.L.

2. RATE KONVERSI
Ini adalah tahap untuk membuat orang yang tahu produk kita, akhirnya jadi membeli. Hal yang perlu dioptimasi pada tahap ini adalah Copywriting, baik pada Landing Page ataupun pada Social Media. Terutama adalah pada materi yang diiklankan.

3. JUMLAH TRANSAKSI
Ini adalah tahap untuk membuat konsumen membeli lebih sering. Fokus utama dari tahap ini adalah CRM. Aktifitas digital Marketing yang bisa digunakan adalah email marketing, Meta Ads dengan re-targeting dan membuat community di Whatsapp. Selain itu bisa juga dibuat website eCommerce yang memberikan voucher ketika konsumen telah selesai melakukan transaksi, sehingga tergoda untuk melakukan transaksi berikutnya.

4. RATA – RATA PENJUALAN
Pada tahap ini, tujuannya adalah membuat pembeli menambah nominal transaksinya. Aktifitas Digital Marketing yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan fitur “produk terkait” atau “paket bundling” pada website eCommerce atau di Marketplace.

5. MARGIN
Tahap ini sudah cukup jelas, salah satu caranya adalah menaikkan harga atau menurunkan biaya. Pada tahap ini, aktifitas Digital Marketing tidak memiliki peran yang signifikan.

Setelah mengetahui teknik – teknik yang dibutuhkan, pertanyaan selanjutnya adalah “Belajarnya dimana?”. Saran saya, selain belajar dan mendapatkan ilmu, ada baiknya mengikuti Sertifikasi Digital Marketing yang diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi. Salah satu lembaga pelatihan yang menyediakannya adalah LSP Teknologi Digital.

Kombinasi antara kemampuan menganalisa bisnis dan mengoptimasi bisnis akan diajarkan pada pelatihan ini. So, tunggu apalagi. Ayo bergabung sekarang!

Related Posts

Leave a comment